Cek PDAM, Bagaimana Kalau Nomor Pelanggan Hilang?

Untuk cek PDAM, tagihan atau tunggakan memerlukan nomor pelanggan. Nomor pelanggan adalah data yang diperlukan untuk mengetahui tagihan PDAM Anda. Lalu, bagaimana kalau nomor pelanggan PDAM hilang?

Apakah kamu pernah kehilangan nomor pelanggan PDAM? Kalau iya, kamu tidak perlu panik. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui nomor pelanggan PDAM.

Cara Mengetahui Nomor Pelanggan PDAM

1. Cek  Struk Tagihan Bulanan PDAM

Pastinya di bulan-bulan sebelumnya kamu telah membayar tagihan PDAM sehingga bisa menikmatai layanan dari perusahaan penyedia air bersih ini. Nah, di struk pembayaran tagihan tersebut pasti tercantum nomor pelanggan PDAM yang bisa kamu gunakan untuk cek PDAM berikutnya.

Maka dari itu, sebisa mungkin setelah melakukan pembayaran kamu boleh menyimpan struk tersebut. Selain demi keamanan jika terjadi kesalahan administrasi di kemudian hari, kamu bisa mengontrol pengeluaran bulanan untuk biaya PDAM. Air hemat, biaya rumah tangga pun jadi lebih hemat.

2. Cek Meteran Air PDAM

Cara selanjutnya untuk mengetahui nomor pelanggan PDAM adalah dengan melihatnya di meteran PDAM. Semua pelanggan PDAM pastilah memiliki meteran PDAM di rumahnya karena ini hal wajib.

Di meteran PDAM tercantum ID pelanggan, yang letaknya kadang berbeda-beda. Mengingat, beberapa meteran memang keluaran tahunnya berbeda. Tak jarang kamu kesulitan membaca nomor pelanggan dikarenakan warnanya yang sudah mulai kusam. Kalau begitu, kamu bisa menggunakan cara sebelumnya, atau cara berikut ini.

3. Menghubungi Media Sosial Resmi Miliki PDAM

Cara berikutnya berbeda dengan cara konvesional sebelumnya. Di erat digital, semua perusahaan pasti memiliki akun media sosial. Kamu bisa menanyakan nomor pelanggan PDAMM lansung ke PDAM melalui media sosial mereka.

Jika di twitter, mention dan tunggu respon admin media sosial PDAM. Biasanya masing-masing PDAM di tiap daerah sudah memiliki media sosial. Selain twitter, bisa cari instagram atau facebook resmi PDAM di kota kamu.

4. Menghubungi Call Center PDAM

Ini adalah nomor wajib yang harus dimiliki setiap instansi yang bertugas dalam pelayanan masyarakat. Termasuk PDAM, yang pastinya memiliki nomor call center.

Cari tahu call center dari PDAM di kota kamu, kemudian hubungi mereka untuk menanyakan nomor pelanggan. Untuk call center setiap kota berbeda-beda. Jam layanannya juga berbeda-beda. Ada yang 24 jam seminggu, ada yang 25 jam di hari kerja, ada pula yang sesuai jam kerja di hari aktif kerja. Pastikan untuk mengetahui informasi terkait terlebih dahulu.

5. Nomor ID Pelanggan di Website PDAM

Jika cara 1-4 tidak sesuai yang diinginkan hasilnya. Kamu bisa mengecek nomor ID pelanggan PDAM di website resmi milik mereka. Biasanya, nanti kamu akan dimintai untuk mengisi identitas diri seperti nama lengkap dan alamat lengkap.

Data tersebut akan sangat membantu untuk mencari nomor ID pelanggan di database PDAM masing-masing daera. Kadang, website daerah tidak kurang optimal dan sering errot. Kalau sudah begitu, kamu bisa menggunakan cara terakhir berikut.

6. Datang Langsung ke Kantor Layanan PDAM

Ini mungkin cara yang paling tidak efisien namun paling efektif untuk mengetahui nomor ID pelanggan PDAM. Hanya lakukan cara ini ketika kamu sudah tidak bisa menghubungi call center, menghubungi media sosial, atau membuka website dari PDAM.

Cara ini memang merepotkan namun dijamin efektif karena di masing-masing kantor pasti memiliki database pelanggan mereka. Kamu hanya perlu menunjukkan identitas dan alamat lengkap kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *